Pantai Lampon

Pasir dan Lampon, Kab Kebumen, Jateng

"Kalau Menganti itu, dari pertigaan belok kanan, nah kalau Lampon masih terus saja mengikuti jalan. Setelah melewati jalanan yang berkelok dan naik-turun,  itu sudah masuk Desa Pasir, nanti di pertigaan dan disitu ada papan petunjuk ke TPI  Pantai Pasir". Kata tukang parkir di Pantai Karangagung Kebumen.
Bermodalkan petunjuk tersebut, saya dan satu teman saya, Lutfi namanya, langsung meluncur menuju lokasi. Sekitar  30 menit dari Pantai Karangagung, kami sudah sampai di TPI Pasir. Pantai Pasir ini cukup luas dan pantaiya pun landai. Sebenarnya cocok untuk bermain-main air di pantainya. Tapi sayangnya itu tidak memungkinkan untuk dilakukan dikarenakan banyak hilir mudik perahu nelayan. Pada sebagian pantai juga berjajar perahu-petahu diparkirkan. 

Namun, di Pantai ini, ada satu spot yang boleh juga untuk narsir. Pada bagian barat pantai terdapat sebuang karang yang sudah tergerus ombak, sehingga pada bagian tengahnya berlubang bak donat. Beberapa meter dari karang yang bolong itu, terdapat sebuah gua yang dalamnya sekitar 25 meter saja. Sehingga cocok untuk duduk berteduh, sembari memandang lautan.

Cukup ini hanya itu saja kah, jika datang ke Pantai Pasir??
Tidak. Tidak hanya ini, kita bisa lagi mendapatkan kedamaian jika mau mengeluarkan sedikit energi lagi. Dari TPI Pantai Pasir, kita berjalan nak pada sebuah bukit. Dibalik bukit, nanti akan ada sebuah pantai kecil, yang masih sepi. Sangat nyaman untuk menepi. Ya, karena pantai tersebut belum banyak dikunjungi orang, kecuali oleh para nelayan (lebih sering pemancing, pada malam hari) dan  warga sekitar yang lewat ketika mereka merumput diatas perbukitan.
Pantai Lapon, biasa disebut seperti itu oleh warga setempat. Jika dari Pnatai Pasir, kita harus berjalan naik bukit di sebelah barat daya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja,  Pantai Lapon sudah terlihat. Pasirnya buka pasir putih, tapi tetap indah karena pantainya masih bersih. Jadi asik saja bermanja-manja bersama deburan obak. Semenentara, pada sisi belakang, terdapat karang yang menjorok kedalam, seperti sebuah gua. Jadi tidak perlu khawatir takut kilit menjadi hitam apabila menikmati pantai ini siang hari.

Menatap ke arah tenggara, kita disuguhan gagahnya deretan bukit karst gombong yang gagah. Hijaunya tanaman yang menyelimuti perbukitan berpadu dengan birunya air laut, sangat memanjakan mata. Meskipun bercucuran keringat ketika setelah berjalan menyusuri bukit, tapi semua lelah akan terbayar lunas saat sampai di pantai ini.


foto foto
Pantai Lampon Kebumen
Pantai Lampon Kebumen

1 komentar :